Jumat, 25 September 2009

Dihadiahi Rp 18 Miliar Karena Keliru Ditahan Selama 23 Tahun !


Masa tahanan Thomas McGowan berakhir dan berujung pada kemakmuran dengan memperoleh 1,8 juta dolar atau sekitar Rp 18 miliar. Dia bingung mengabiskan uang tersebut dan hanya membelanjakannya untuk membeli sebuh rumah dengan tiga kamar tidur, peralatan dapur dari stainless steel, mesin cuci dan pengering.

"Aku akan membiarkan pacar saya memilih yang lain," kata McGowan, yang dibebaskan tahun lalu berdasarkan bukti DNA setelah menghabiskan hampir 23 tahun di penjara untuk tuduhan perkosaan dan perampokan.

Dia dan mantan narapidana lainnya di Texas, yang dibebaskan karena salah tangkap, segera akan menjadi jutawan instan di bawah hukum baru negara tersebut yang mulai berlaku minggu ini.

Narapidana ini akan mendapatkan 80 ribu dolar untuk setiap tahun yang mereka habiskan di balik jeruji besi. Kompensasi juga termasuk pembayaran untuk sebagian besar salah hukuman memperoleh antara 40 ribu hingga 50 ribu dolar per tahun.

"Aku gugup dan bersemangat," kata McGowan, 50. "Ini sesuatu yang tak pernah kumiliki, jumlah uang ini. Selama beberapa waktu aku tidak punya uang.”

Gajiannya untuk penahanan tersebut yang ia gambarkan sebagai "mimpi buruk", "neraka" dan "perbudakan", akhirnya tiba pada pertengahan November setelah selama 45 hari menjalani proses pembebasan.

Para mantan narapidana ini juga menerima pelayanan sosial, termasuk pelatihan kerja, bimbingan kredit, dan akses ke perawatan medis dan gigi. Meskipun negara-negara lain memiliki beberapa bentuk kompensasi hukum terhadap korban salah hukum, tak ada yang menawarkan pelayanan sosial dan uang seperti di Texas ini.

Namun para mantan narapidana ini mengakui kurangnya pengalaman mereka dalam mengelola keuangan pribadi. Seorang pekerja sosial akan membantu mereka menjadi penasihat keuangan dan mengingatkan mereka akan kasus penipuan. "Cara untuk menjamin orang-orang ini, pembayaran untuk seumur hidup selama mereka mengikuti hukum," kata Kevin Glasheen, seorang pengacara yang mewakili selusin mantan narapidana.

Dua mantan narapidana yang menjalani penjara sekitar 26 tahun untuk kasus tuduhan pemerkosaan akan menerima jumlah ganjaran masing-masing sekitar dua juta dolar. Sementara, Steven Phillips, yang menghabiskan sekitar 24 tahun penjara untuk kasus tuduhan penyerangan seksual dan pencurian, akan mendapatkan sekitar 1,9 juta dolar.

Paket kompensasi yang paling besar kemungkinan akan diterima James Woodard, yang menghabiskan lebih dari 27 tahun penjara atas tuduhan kasus pembunuhan tahun 1980 yang kemudian menjalani tes DNA menunjukkan bahwa hal itu tidak dilakukannya. Dia akhirnya bisa menerima hampir 2,2 juta dolar tapi pertama-tama perlu surat perintah dari Pengadilan atau pengampunan dari gubernur.

McGowan dan yang lainnya di antara 38 mantan narapidana di Texas, menurut Innocence Project, pusat hukum New York yang mengkhususkan diri dalam studi salah hukuman yang menjungkirbalikkan keyakinan. Dallas County sendiri telah 21 kasus di mana seorang hakim membatalkan vonis bersalah berdasarkan bukti DNA.

Charles Chatman, yang salah dihukum karena perkosaan, mengatakan uang akan memungkinkan dia ketenangan pikiran setelah lebih dari 26 tahun di penjara. "Ini akan membuat saya mendapat kemerdekaan," katanya. "Orang lain memiliki banyak kontrol atas hidupku."

Chatman dan mantan narapidana lainnya sudah mulai membangun kembali kehidupan mereka. Beberapa rencana untuk memulai bisnis, dengan mengatakan mereka tidak keberatan bekerja tapi ingin menjadi bos. Berbeda dengan McGowan, ia tidak akan bekerja dan berharap uang mereka bisa digunakan seumur hidup.

Beberapa exonerees sudah menikah dan yang lain akan. Phillips adalah mengambil kursus perguruan tinggi. Chatman menjadi ayah pertama kali di 49. "Itu sesuatu yang saya tidak pernah berpikir saya akan bisa melakukannya," katanya. "Tidak ada jumlah uang yang dapat menggantikan waktu kita sudah kehilangan."

0 komentar:

 
-->