Sabtu, 06 Maret 2010

Pulau-Pulau Bajak Laut Terkenal Di Dunia


Mungkin bagi beberapa orang yang pernah liat Pirates of the Caribbean udah pernah denger beberapa tempat berikut, tapi ternyata tempat2 itu ada di dunia nyata…
TORTUGA, HAITI

Sekitar 1630, Bajak laut Perancis (Buccaneers) diusir dari Hispaniola menetap pegunungan ini, pulau berbatu lepas di pantai utara Haiti, akhirnya menyerang galleon Spanyol yang sarat dengan perak dari Amerika Selatan dan sutra dan rempah-rempah dari Cina. Henry Morgan, Francis L’Ollonais, dan Pierre LeGrand menetap di sini selama setidaknya beberapa waktu. Dalam Pirates of the Caribbean Pertama, ini adalah kota tempat bersuka ria bajak laut Jack Sparrow dan Will Turner merekrut kru mereka.

Port Royal, Jamaica

Dalam Pirates of the Caribbean, Port Royal adalah tempat Kapten Jack Sparrow dipenjara sebelum dibebaskan oleh Will Turner. Pada kenyataannya, abad ke-16 Buccaneers (bajak laut berasal dari Hispaniola) didorong oleh pemerintah Inggris untuk menetap di pusat pelayaran besar ini dan menyerang lewat pembuluh Perancis dan Spanyol. Ini bertahan sebagai daerah kantong-hedonistik bajak laut —the “Wickedest City on Earth”— hingga Juni 1692, ketika sebuah gempa bumi besar yang dikirim sejumlah besar kota ke dasar laut, menewaskan ribuan orang. “Beberapa menganggap gempa balasan Tuhan untuk dosa,” kata Marc Nucup dari The Mariners ‘Museum di Virginia.

Nassau, New Providence, Bahamas

Ini hanya sebuah desa bobrok kecil dengan tenda dan lean-tos terbuat dari kain layar tua. Tapi beberapa bajak laut Golden Age (Zaman Keemasan) menilai kelasinya beroperasi di sini untuk setidaknya beberapa bagian dari Golden Age-, seperti Calico Jack “Rackham, Anne Bonny dan Blackbeard. Ini adalah satu-satunya benteng republik bajak laut di seluruh Karibia sampai Inggris mengirim Woodes Rogers, mantan PRIVATEER dirinya sendiri, untuk mengusir para bajak laut dari Bahama. Pada 1725, sebagian besar sudah pergi, dan moto pulau ini menjadi “Expulsis Piratis-Resituta Commercia” (Bajak laut diusir Niaga Dipulihkan).

St. Croix

Selama Golden Age of Piracy, St Croix tidak diklaim, pulau besar yang ditinggalkan dengan pelabuhan yang dilindungi dan posisi yang baik di Triangle Trade -cocok untuk tempat persembunyian bajak laut yang kebetulan lewat. Pada Januari 1717, seorang British man-of-war shelled pirate John Martel dan krunya di sini; yang selamat dibiarkan terdampar dan kelaparan sampai dua kapal bajak laut lain tiba dan melarikan diri bersama mereka ke Virgin Gorda.

Virgin Gorda

Dengan garis pantai yang bergerigi, teluk tersendiri dan pelabuhan yang aman, British Virgin Island ini adalah tempat persembunyian untuk segala macam bold-faced names, termasuk Blackbeard dan William “Captain” Kidd. Selama beberapa minggu di 1717, “Black Sam” Bellamy dan kelompoknya mendirikan sebuah kamp bajak laut sementara di Kota Spanyol tepat di bawah hidung deputi gubernur Inggris.

La Blanquilla, Venezuela

Tidak banyak pengiriman berlalu dalam pemandangan La Blanquilla, hanya lepas pantai Venezuela, membuatnya menjadi “tempat persembunyian yang baik bagi orang yang mencoba untuk menghindari pihak berwenang keluar dari Martinique Barbados dan Perancis,” kata penulis Colin Woodard, penulis buku baru tentang pembajakan zaman keemasan, Republik Pirates. Hanya beberapa bulan setelah “Black Sam” Bellamy mendirikan kemah di sini, di abad ke-18, dengan kapalnya Whydah, tenggelam di lepas pantai dari Cape Cod, di mana ia akhirnya ditemukan pada tahun 1984; untuk pertama kalinya, beberapa dari harta mereka akan dimulai penelusuran tur nasional pada bulan Juni, 2007.

ROATAN, HONDURAS

Dikelilingi oleh karang yang sempit dan saluran dangkal yang tidak dapat diakses untuk kapal dagang, Roatan menjadi basis ratusan bajak laut di abad ke-17, termasuk legenda bajak Laurens de Graff dan Henry Morgan. Dari sini, mereka menggelar serangan terhadap galleon Spanyol membawa porselen Asia dan perak Peru. Rumor mengatakan bahwa para pemburu harta karun menggali bagian dari barang yang disembunyikan Henry Morgan di tahun 1960-an-dan ada banyak lagi yang bisa ditemukan.

St. Kitts

Pada akhir abad ke-17, Prancis menyerang pulau ini dengan bantuan seorang PRIVATEER dengan nama William “Captain” Kidd. Sorang Inggris jika dilihat dari kelahiran, tapi Perancis bila dilihat dari pekerjaan pekerjaan, Kidd dengan cepat berubah, mencuri dengan salah satu kapal Perancis, menurut Angus Konstam pengarang “The History of Pirates.” Kidd langsung menjadi pahlawan ketika ia berlayar ke pelabuhan Inggris Nevis . Kemudian dituduh ilegal membajak, ia dihukum mati dan digantung di atas Sungai Thames sebagai peringatan bagi calon bajak laut.

Guadeloupe

Menurut Colin Woodard, Edward “Blackbeard” Thatch, yang menakuti korban dengan menyalakan lilin di janggutnya dan mempersenjatai diri dengan geligi, memeriami pulau ini pada November 28, 1717. Guadeloupe meninggalkan kota dalam keadaan terbakar (setengah kota ini hilang dalam kebakaran), dia mencuri dengan kapal gula Perancis.

Cayman Islands

Posisi Kepulauan Cayman tepat di tengah saluran pengiriman antara Meksiko dan Kuba membuat persinggahan yang sempurna untuk bajak laut. Sekitar 1722, salah satu bajak laut kapal Thomas Anstis kandas di Grand Cayman dan ia kehilangan puluhan anak buahnya untuk menyerang orang-orang perang Inggris yang telah melihat mereka. Pulau ini masih memanfaatkan sejarah bajak laut mereka dengan Annual Pirates Week Festival di bulan November.

0 komentar:

 
-->