Jumat, 05 Maret 2010

Jam Tangan Khusus Untuk US Navy SEALS

Ternyata pasukan-pasukan khusus tentara amerika tidak pernah pake jam biasa. Mereka pesan dari swiss dengan beberapa kriteria.
tau kan sepak terjang tentara-tentara kalo lagi perang, mereka harus punya perangkat yang tahan air, tahan guncangan, dan bermacam-macam “tahan” lainnya. Salah satu perangkat yang paling penting dalam tentara-tentara ini melaksanakan misinya adalah Jam. Kenapa jam? Karena ketepatan waktu merupakan salah satu kunci dalam pertempuran mulai dari penyerangan, pertahanan dan banyak lainnya.

Jam yang banyak digunakan oleh tentara-tentara ini adalah jam yang menggunakan Micro Gas Lights dimana dengan teknologi ini, jam yang para tentara pakai ini dapat menyala secara otomatis pada keadaan gelap gak usah di pencet-pencet dan nyalanya bisa lama. Teknologi ini bisa membuat pasukan khusus tentara Amerika Serikat bisa melihat waktu dengan jelas pada malam hari.
http://www.watchtime.com/mdisher/press/Luminox_A6402_lg.jpg
http://www.greatestjeneration.com/mdf240128.jpg

Micro Gas ini juga disebut Tritium, dimana gas tritium sebagai sumber cahaya mengalami peluruhan beta, melepaskan elektron yang menyebabkan Gas Tritium ini Menyala.Kenapa bisa menyala?? Selama pembuatan, panjang tabung gelas borosilikat yang memiliki permukaan bagian dalam dilapisi dengan fosfor yang mengandung senyawa dipenuhi dengan radioaktif tritium. Tabung kemudian menyatu dengan laser CO2 pada panjang yang dikehendaki. Borosilikat digunakan untuk kekuatan dan ketahanan terhadap kerusakan. Dalam tabung, tritium memberi dari aliran elektron akibat peluruhan beta, akibatnya Gas Tritium ini Menyala, dan bisa tahan sampai 25 tahun.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8G6NkSDrIs3FCNgM7Q_QVoEX3b-0XcSv5VNTUuPfgmQ3QrgYfhHRrcDWXrECHPc-96F3sck5ohsdIMQVQmpA0kJWFCt2-jUzJY90n7VDUfKscdXrhlT-YYKglu_q49etAqdff5vWVuc8/s400/US_Navy_SEALs_in_from_water.jpg

Nah sudah banyak angkatan bersenjata yang memesan khusus dari perusahaan-perusahaan pembuat jam di Swiss yang menyediakan jam dengan bahan Tritium didalamnya, selain tahan lama jam yang dipakai oleh tentara juga harus tahan berbagai macam keadaan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

saya jd pengen tahu brp ya kira2 harganya???

 
-->