Rabu, 13 Januari 2010

Amerika Siap Bantu Haiti


Gempa di Haiti
tujuh skala richter yang mengguncang Haiti Selasa 12 Januari malam waktu setempat, mulai mengundang simpati banyak negara. Amerika Serikat (AS) menjadi negara pertama yang menyatakan kesiapannya untuk membantu Haiti.

"Simpati dan doa saya berikan untuk warga Haiti yang terkena gempa. Pemerintah AS saat ini terus memonitor situasi di Haiti dan siap memberi bantuan kepada rakyat Haiti," ucap Presiden AS Barack Obama, seperti dikutip AFP, Rabu (13/1/2010).

Dalam kesempatan yang sama, Pihak Gedung mengumumkan jika staf Kedutaan Besar AS di Haiti dalam keadaan selamat. Sementara mengenai bantuan, Pihak Gedung Putih menyebutkan jika Deplu AS, USAID dan Komando Militer AS di wilayah selatan telah memulai koordinasi bantuan untuk Haiti.

Sementara Menlu AS, Hillary Clinton yang saat ini sedang berada di Hawaii mengungkapkan jika pemerintahnya menawarkan bantuan penuh bagi rakyat Haiti serta wilayah lain yang terkena dampak gempa.

Gempa berkekuatan 7.0 skala richter yang menerpa Haiti, terjadi pada Selasa malam waktu setempat. Sementara jumlah korban hingga kini masih belum bisa dipastikan. Namun diperkirakan ribuan orang menjadi korban dalam gempa terjadi di Port Au Prince tersebut.

0 komentar:

 
-->